Atlas

SDN Cipinang Melayu 10 Pagi

I had a dream last night. This dream was about me being an elementary student once again. I was stepping into my new class, while nanda, my new friend, offered me to sit next to him. I was very excited with what I’ll get in school that day, but before I know it the dream had done. Sigh. But that dream gives me impression upto now. Right now I am sitting here in front of my computer, setting my iPod in my ears, playing the song randomly, thinking about the past years, the time that I’ve spent in elementary.

Apa yang paling berkesan dari masa sekolah dasar gw? there are so many things, I can’t choose which one is the best moment, because everything is best. Mulai dari ngompol waktu olah raga, pamer sepatu baru yang bisa nyala, nyamperin anak kepala sekolah yang sekelas sama gw dan sering banget bolos ke rumahnya yang notabene lokasinya di pekarangan sekolah gw juga. Haha. Gw masih inget semuanya. Waktu main ke rawa-rawa di belakang sekolah gw, ngelewatin jembatan kayu kecil yang setiap lewat jembatan itu gw udah menghayal ada di luar negeri, nyisain uang jajan 500 perak supaya pas pulang bisa jajan cakwe, mengendap-ngendap keluar sekolah waktu istirahat buat main gimbot a.k.a gameboy yang disewain sama abang-abang yang untuk nyalainnya si abangnya pake aki (lucu deh), makan ager-ager jorok, berantem sama anak kelas B karena main benteng, dan satu lagi, pak wijaya.

Pak wijaya. Pak wijaya is my best teacher so far. Dia guru kelas 6 SD gw. Gw duduk di depan dia, persis di depan mejanya. Dan berhubung gw pinter (haha) dia sering banget minta tolong gw untuk koreksi jawaban anak-anak lain, terutama matematika. Semua soal matematika yang dia kasih, kalo anak-anak lain ngerjainnya 1 jam, gw bisa selesain 15 menit. Dan mukanya seneng banget setiap gw selesai dan dia periksa jawaban gw bener semua. I still remember his smile. I think he put a big hope in me. That made me work harder in that time, because I don’t wanna let him down. Dia tau gw ga pernah nyontek seumur hidup (iyalah, gw duduk di depan dia). Gw pernah sakit sekali karena keracunan makanan, 4 hari opname. Balik dari sana, ada ulangan IPA. Dan berhubung ga belajar apa-apa, gw tergoda juga, gw nyontek. Haha. Setelah soal dikumpulin, dia duduk di depan gw, mukanya sedih banget, dia cuma nanya, “kamu kok nyontek ni?”. I can’t forget that face.

Pak wijaya itu suka cerita. Dan dia suka matematika. Kalo di kelas dia, matematika ada jadwalnya setiap hari walaupun sebenernya di jadwal yang resmi pelajaran itu ga setiap hari ada. Setiap pelajaran matematika selesai, sebelum istirahat jam 9 atau jam 11 dia pasti cerita sesuatu. Life lessons. Ada 1 kata-katanya yang ga pernah gw lupa, dia bilang untuk sukses ujian harus pake 2B, the 1st B is for studying (belajar) and the 2nd one is for praying (berdoa). Habis dia bilang itu siangnya gw solat zuhur sujudnya lama banget, hahaha.. mungkin karena dia orang yang berpengaruh ya buat gw, jadi apa yang dia bilang gw percaya banget.

Pak wijaya ga punya jam tangan. Tapi kalo guru-guru lain pada punya. Dia orangnya sederhana banget sih. Dia sukanya nanya gw jam berapa sekarang. Terus dia cocokin sama jam dinding sumbangan temen gw, yora, yang dipajang di dinding belakang kelas, yang ada gambar cacing dikejar obat. Kayanya jamnya dapet dari combantrin deh, mungkin temen gw user tetapnya combantrin, sampe dapet jam dinding, haha (ngarang deng, astaghfirullah). Back to the topic, akhirnya, sebelum perpisahan kelas 6, gw sama temen-temen gw sekelas buat tabungan, tiap anak nyisihin 500 perak setiap hari buat nanti kalo udah cukup uangnya mau dipake buat beli kenang-kenangan jam tangan untuk pak wijaya. Biarpun banyak yang nunggak dan lupa bayar dan prosesnya ga selancar air mengalir (haha, bahasanya) tapi alhamdulillah berhasil juga kebeli jam tangannya buat pak wijaya. Jam tangan warna emas (ini pake berantem dulu di rapat, mau silver atau emas, padahal akhir dari rapat berdarah itu belinya jam silver, cuma temen gw tetep aja belinya emas, haha, dasar emang). Dikasih waktu perpisahan di cagar budaya betawi yang gw lupa namanya tapi banyak huruf u nya. Mukanya seneng banget dapet jam tangan🙂 padahal kayanya itu jam tangan bekas deh, karena uangnya ga begitu banyak, haha.. (ga tau juga sih gw, soalnya itu temen gw yang beli, terus kotaknya udah pecah gitu, akhirnya gosip yang beredar kalo itu jam bekas) who care anyway, yang penting pak wijayanya seneng.

Oiya, balik ke section pak wijaya suka cerita. Ada 1 cerita yang ga pernah diselesain pak wijaya. Gw ga tau itu karena waktunya keburu istirahat jadi dia potong atau dia emang belum ngarang lanjutannya.. tapi ceritanya ga pernah berlanjut. Cerita tentang budi, si anak tukang becak yang ibunya jualan pecel. Ceritanya panjang dan mengharukan, kaya sinetron, tapi bukan sinetron indonesia yang mostly garbage. Ini lebih mirip sinetron korea yang bikin nangis darah. Bersambung di waktu ibunya budi sakit dan obat yang dibeli salah, jadinya malah racun. Deg-degan banget takut ibunya minum racun dan meninggal, nyusul bapaknya yang keserempet truk waktu narik becak di pinggir jurang. Kan kasian budi kalo jadi yatim piatu. Kayanya akhirnya bakal bagus ceritanya. Kalo menurut gw sih intinya about no giving up to reach what you want. Cuma sayang baru sampe klimaks masalah, eh udah bersambung, jadi ga selesai. Intinya belom kesampean deh. What a pity. Tapi gw ga lupa-lupa sama cerita itu. Biarpun ini cuma cerita mouth-to-mouth yang ga selesai, yang ga ada gambar bergeraknya seperti di tv, gw masih inget tuh. Mungkin karena gambarnya bergerak di otak gw kali ya. I’ve been waiting since I was 10 to know the end of that story. What a long time.

Well, anyway, minggu ini gw ada ujian blok. And I’ve been writing this post for almost  a hour. I can’t believe it. Engga deng biasa aja, haha. So I guess enough for this post. I should do the 2B method right now. Studying and praying. I’ll give another story next time🙂

Leave a Reply

