Uncategorized

The Governor

Alhamdulillah hari ini punya waktu bebas 2 jam di rumah. I’ve been very busy lately. Rasanya semua kerjaan ga ada habisnya, dan tiap hari berjalan in a very fast pace. I don’t even have a moment to think deeply about something, just because there are a lot of things to do. Kangen rasanya, untuk being present, di tiap detik dalam kehidupan gw. To feel.

Anyway, let’s fill this 2 hours with read the news. Ada berita apa ya baru-baru ini?. I open the web dan disana ada a very hot news. About Agus Harimurti Yudhoyono yang nyalon jadi gubernur DKI. A bit shocked by this news karena menurut gw karir militer dia lagi bagus-bagusnya. TNI = his life gitu. Dan dia ngelepas semuanya.

vote

Jadilah gw buka youtube daaaaaan there it is. Video pidato politik pertamanya Agus waktu dia daftar sebagai cagub.

Dia nangis pidatonya.

Gw nangis nontonnya. Haha.

Dan gw baca komen-komen di bawahnya bilang bahasa-bahasa nyinyir macam “yah baru pidato baca teks aja nangis gimana lawan koruptor”, atau “yah ini mah sama kaya bapaknya cengeng”. Heran. Karena bukan itu yang gw liat waktu dia nangis. Waktu dia nangis yang gw liat adalah komitmen, cinta, sama ketulusan.

Ini anak yang dari kecil cita-citanya jadi tentara, jadi dia all out disitu, dia sekolah dengan bener. Dia buktiin dia bisa jadi komandan, jadi pemimpin yang bener. Bahkan dulu aja pernah ngobrol sama wakil komandan militer TNI di Maluku waktu masih jadi dokter internship disana dan dia mengakui Agus itu bright, bukan karena bantuan bapaknya tapi emang dari sananya pinter dan bisa kerja, anak emas TNI.

Tapi dia lepas semuanya for a better good. Karena dia “diminta” sama 3 partai yaitu demokrat, PAN, PKB buat nyalon. Karena Jakarta butuh opsi pemimpin lain yang mumpuni.

Betapa ga selfish orang ini.

Bayangkan komitmen dan cinta dia sama TNI, semua temen dan hidupnya selama ini ada disana. Ya jelaslah dia nangis waktu mau ngelepasnya. Itu bener-bener emotional moment. Profesi itu part of life loh. Macam jodoh gitu. Kan jadi seperti ngucap perpisahan ke sebagian hidupnya. Lo aja pada putus sama pacar yang baru pacaran beberapa bulan udah labil macam awkarin, gimana dia yang udah 15 tahun sama dunia militer?.

Kalo sampe bisa sesedih itu, itu pasti karena selama ini dia kebiasa ngelakuin kerjaannya with full compassion and commitment. Kalo dia cuma militer main-main mah ga bakal kaya gitu.

Banyak juga yang bilang, “yah dia kan belum teruji kerjanya bisa mimpin apa engga”. Belom teruji dari mananyaaa??. Lu kira gampang jadi komandan, ngatur ini itu. Liat juga riwayat organisasi dia, dia selalu jadi ketua. Dia itu talented leader. Dari jaman dia masih SMA udah jadi ketua organisasi macem2. Yang asal tau aja untuk jadi ketua di satu bidang di SMA Taruna Nusantara itu bebannya besar. Dan dia jadi 3 ketua di bidang beda loh. Masih jadi lulusan terbaik lagi. Imagine that!. Gimana caranya dia atur waktu supaya organisasi yang dipimpinnya sukses tapi pendidikan dia juga sukses.

Ga gampang loh ngeraih apa yg diraih sama dia. Gw membayangkan beribu jam tanpa tidur yang dia habisin untuk baca buku, supaya bisa lulus dari sekolah S2 nya. I can feel that. Karena emang S2 susah. Gw aja ngerjain tugas tiap hari berderai air mata. Butuh orang dengan manajemen waktu yang baik untuk bisa kaya dia.

Gw juga bayangin beribu keringat sama air mata yang mungkin dia teteskan waktu ada anak buahnya yang kesulitan, atau waktu batalyon dia ada kesusahan dan dia harus cari jalan keluarnya. Mereka yang bilang kerja dia belum teruji berarti oon. Karena ga mikir untuk bisa jadi apa yg dia raih sekarang itu semua bukti kerja keras, bung. Bukan semudah membalik telapak tangan.

Tapi dari semua itu yang paling bikin gw terharu waktu nonton video itu adalah karena sesudah dia pidato, di sebelahnya ada istrinya yang juga lagi nangis. Gw membayangkan kalo gw di posisi istrinya, gw bakal nangis karena terharu, gw tau jalan berat yang dipilih sama suami gw, sama semua konsekuensi yang dia tanggung, ditambah kesedihan dan keraguan yang mungkin ada dalam hatinya, tapi dia tetep tegar disitu berdiri ngasih pidato. Just by seeing that 15 min video, gw udah tau siapa pilihan gw.

This bright man with lovely wife.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s